Pages

09 April 2018

FIRMAN TETAP RELEVAN DI ZAMAN INTERNET INI

Renungan Harian - Bukan hanya dengan kamu saja aku mengikat perjanjian dan sumpah janji ini, tetapi dengan setiap orang yang ada di sini pada hari ini bersama-sama dengan kita, yang berdiri di hadapan TUHAN, Allah kita, dan juga dengan setiap orang yang tidak ada di sini pada hari ini bersama-sama dengan kita. Ulangan 29:14-15

Generasi yang hidup di zaman Musa tidak mempunyai alasan untuk menolak perjanjian dan sumpah yang telah disampaikan. Mereka sadar bahwa Tuhan telah berfirman dan mereka harus menerimanya. Tetapi Tuhan Allah yang maha tahu, mengetahui bahwa generasi setelah Musa bisa saja memiliki sikap dan cara pandang berbeda atas perjanjian dan sumpah yang telah didirikan, atas firman yang telah disampaikan. Generasi berikutnya bisa saja mempertanyakan dan memperdebatkan bahwa mereka adalah generasi yang hidup berbeda zaman dengan Musa sehingga situasi dan kondisinya juga berbeda.

Tetapi Tuhan Allah memastikan bahw firman yang telah disampaikan itu tidak terbatas hanya untuk orang-orang yang hidup di generasi Musa saja tetap juga untuk generasi sesudahnya dan seterusnya, masa saat ini dan masa depan. Tuhan mengenal hati manusia dan jalan-jalan yang akan coba ditempuh untuk menghindari apa yang telah Tuhan firmankan. Bahwa juga manusia akan begitu mudahnya melakan pemembenaran diri atas tindakan yang diambilnya sekalipun itu jelas-jelas tidak sesuai dengan firman-Nya. Dengan mudahnya mereka akan bisa berkata bahwa zaman sudah berubah maka firman yang dulu disampaikan tidak lagi relevan untuk saat ini.

Musa juga menyadari kemungkinan itu sehingga pada hari-hari terakhir kepemimpinannnya ia mengingatkan bahwa firman Tuhan yang telah disampaikan, setiap perjanjian yang telah dibuat adalah benar dan berlaku untuk seluruh generasi. Orang-orang yang tetap menerima firman-Nya dan mentaati-Nya akan menjadi orang-orang yang diberkati-Nya.

Firman Tuhan juga benar dan berlaku bagi kita sekalipun kini kita tengah berada di zaman post modern, ribuan tahun dari generasi Musa. Firman-Nya juga berlaku pada generasi kita ini. Kita bisa memilih berkata bahwa firman-Nya tidak lagi relevan di zaman computer dan online ini, tetapi firman-Nya tetap benar dan berlaku hingga kini bahkan sampai kesudahannya. Langit dan bumi akan berlalu tetapi firman-Nya tidak akan berlalu. (Mat 24:35)