02 April 2018

HANYA MENGANDALKAN TUHAN

Renungan Harian - Apa yang Tuhan lakukan terhadap Mesir dan terhadap bangsa-bangsa yang menghalangi Israel telah menggentarkan banyak bangsa-bangsa terhadap Israel. Tidak terkecuali dengan Yerikho, tetapi mereka merasa aman terhadap kemahadahsyatan Allah karena mereka dikelilingi tembok Yerikho yang begitu tebal. Mereka yakin bahwa Israel tidak dapat menembusnya dan tidak mungkin dapat menduduki Yerikho.

Mereka telah berlindung dalam tembok yang mereka anggap mampu melindungi mereka, mereka telah mengandalkan kekuatan mereka sendiri dan tidak perlu takut kepada Allah. Tetapi Allah menunjukkan bahwa kekuatan manusia tidaklah seberapa. Hikmat dan pengetahuan manusia tidaklah mungkin sebanding dengan Allah. Allah menjadi kunci kehancuran tembok yang megah dan kuat itu. Allah yang meruntuhkannya dengan kuasa-Nya yang tidak terbatas dan tidak tertandingi.

Berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Ketahuilah, Aku serahkan ke tanganmu Yerikho ini beserta rajanya dan pahlawan-pahlawannya yang gagah perkasa" Lalu bersoraklah bangsa itu, sedang sangkakala ditiup; segera sesudah bangsa itu mendengar bunyi sangkakala, bersoraklah mereka dengan nyaring. Maka runtuhlah tembok itu, lalu mereka memanjat masuk ke dalam kota, masing-masing langsung ke depan, dan merebut kota itu. Yosua 6:2, 20

Tembok yang memberikan keamanan dari serangan musuh tidak dapat diandalkan bila menghadapi Allah. Kekuatan apapun tidak mungkin dapat menandingi Allah. Yerikho telah mengandalkan temboknya terhadap Allah, Allah telah meruntuhkannya dengan mudahnya.

Kita harusnya memetik pelajaran berharga bahwa hanya Allah saja yang dapat kita andalkan. Apa yang ada pada kita tidak boleh menjadi andalan kita. Harta kekayaan, pendidikan dan pengalaman adalah baik dan kita perlukan tetapi itu bukanlah untuk kita andalkan. Allah saja yang seharusnya yang kita andalkan. Bila Allah bertindak, apa yang kita andalkan itu akan dengan mudah diruntuhkan oleh Allah sampai kita akhirnya kembali mengandalkan Dia dan bukan apa yang ada pada kita.