Pages

18 April 2018

KALAH SEKALIPUN MUDAH

Renungan Harian - Kemudian kembalilah mereka kepada Yosua dan berkata kepadanya: "Tidak usah seluruh bangsa itu pergi, biarlah hanya kira-kira dua atau tiga ribu orang pergi untuk menggempur Ai itu; janganlah kaususahkan seluruh bangsa itu dengan berjalan ke sana, sebab orang-orang di sana sedikit saja." Yosua 7:3

Ketika bangsa Israel sampai di kota kecil bernama Ai, mereka begitu percaya diri bahwa mereka akan dengan mudah mengalahkan dan menguasai kota Ai. Kepercayaan diri mereka menjadi berlebih karena mereka telah berhasil meruntuhkan tembok Yeriko dan menguasai kota yang besar itu. Maka tampaknya tidak ada musuh yang akan bertahan dihadapan mereka, terlebih lagi hanya sebuah kota Ai yang kecil. Mereka tidak melihat bahwa Ai akan dapat memberikan perlawanan yang berarti bagi mereka.

Begitu percaya dirinya mereka sehingga mereka menyerang seperti biasanya mereka menyerang dan bahkan mereka menyerang dengan hanya kira-kira dua atau tiga ribu orang saja. Tidak ada catatan bahwa mereka terlebih dahulu berseru kepada Tuhan dan meminta petunjuk dan pimpinan Tuhan untuk menaklukkan kota Ai ini. Mereka mengandalkan kekuatan mereka, bermodalkan kemenangan besar sebelumnya dan begitu percaya dirinya bahwa mereka akan dengan mudah menundukkan kota Ai. Tetapi hasilnya jauh dari harapan, mereka mengalami kekalahan besar dari Ai.

Setelah kekalahan ini, pemimpin-pemimpin Israel berbalik kepada Tuhan. Yosua merobek pakaiannya dan sujud sampai mukanya ke tanah di hadapan tabut Tuhan sampai malam. Akhirnya mereka merendahkan diri dihadapan Tuhan, ini membuat Tuhan menunjukkan kepada apa yang membuat mereka mengalami kekalahan atas kota Ai yang kecil itu. Tuhan menyingkapkan bahwa karena adanya dosa sehingga mereka mengalami kekalahan (Akhan, ayat 19-20). Sebagai satu bangsa, akhirnya mereka bertobat dan berbalik kepada Tuhan yang kemudian memberikan mereka strategi dan kemenangan atas kota Ai.