Pages

14 April 2018

MEMPEROLEH KASIH KARUNIA

Renungan Harian - Kemudian berkatalah Rut: "Memang aku mendapat belas kasihan dari padamu, ya tuanku, sebab tuan telah menghiburkan aku dan telah menenangkan hati hambamu ini, walaupun aku tidak sama seperti salah seorang hamba-hambamu perempuan." Rut 2:13

Rut adalah seorang perempuan Moab yang menikahi anak lelaki Naomi. Setelah suaminya itu meninggal, Rut berketetapan untuk tetap bersama Naomi, ibu mertunya, untuk kembali ke tanah Israel karena Naomi telah kehilangan suami dan anak-anaknya yang meninggal. Mereka berdua sedang mengalami situasi yang sangat berat, mereka ada dua janda yang miskin dan tidak memiliki apa-apa. Dan kembali ke tanah Israel juga tentunya tidak mudah mengingat Rut adalah orang Moab yang merupakan musuh dari Israel.

Setibanya kembali di tanah Israel, mereka menyadari mereka membutuhkan jalan keluar untuk situasi mereka yang sangat kekurangan. Rut berada pada lokasi yang tepat yaitu di ladang Boaz, seorang yang tidak dikenal Rut. Namun Boaz menaruh belas kasihan kepada Rut dan pada akhirnya mereka menikah. Kemiskinannya kini berubah menjadi kelimpahan, itu semua karena ia mendapat belas kasihan dari Boaz. Belas kasihan mejadi kunci keselamatan bagi Rut dan kita juga dapat melihat banyak kisah di alkitab dimana belas kasihan itu memberikan dampak keselamatan. Dan belas kasihan itu datang dari Tuhan dan belas kasihan Tuhan dapat membalikkan segala keadaan.

Belas kasihan tidak bisa kita usahakan untuk mendapatkannya, belas kasihan sepenuhnya adalah dari Tuhan dan keputusan Tuhan sendiri. Namun Tuhan memanggil kita untuk menyenangkan Dia atas belas kasihan yang telah Ia curahkan kepada kita. Rut mendapatkan belas kasihan dari Boaz sekalipun dia bukanlah orang Israel namun ia telah menyenangkan Tuhan dan memperlihatkan hidup sesuai dengan prinsip-prinsip kebenaran-Nya.

Kita membutuhkan belas kasihan (favor) Tuhan setiap hari di dalam hdup kita, untuk keluarga kita, bisnis kita, pekerjaan, sekolah, pelayanan, keuangan, kesehatan, dan seluruh aspek kehidupan kita. Carilah Tuhan, milikilah ketetapan hati untuk memyenangkannya, bertumbuhlah dalam iman dan kiranya kita menikmati belas kasihan (favor) Tuhan setiap hari sehingga hidup kita adalah hidup yang selalu berkemenangan.