Pages

19 April 2018

MENANG ATAS MUSUH

Renungan Harian - Dan TUHAN menyerahkan mereka kepada orang Israel. Mereka dikalahkan dan dikejar sampai Sidon-Besar dan sampai Misrefot-Maim, dan sampai lembah Mizpa yang di sebelah timur. Demikianlah mereka dihancurkan, sehingga tidak seorangpun dari mereka yang dibiarkan lolos. Yos 11:8

Pertempuran untuk memenangkan tanah perjanjian tidak berhenti setelah mereka berhasil menyebrangi sungai Yordan atau setelah tembok Yerikho yang megah itu runtuh. Pertempuran masih terus berlangsung bertahun-tahun kemudian. Dan Orang-orang Israel tidak dapat menghindarinya atau Tuhan membuat mereka menghindarinya melainkan mereka harus menghadapi peperangan demi peperangan itu, mereka harus menghadapi musuhnya dan bukan menghindarinya.

Israel kini menghadapi musuh-musuhnya yang sepertinya memiliki berbagai keuntungan untuk menang dalam peperangan ini karena mereka menguasai seluruh medannya dan juga membangun benteng-benteng yang kuat dengan perlengkapan senjata yang memadai. Mereka juga memiliki pahlawan-pahlawan terlatih dalam pertempuran.

Menghadapi musuh yang bersatu dan kuat seperti itu, sangatlah mungkin bagi orang Israel untuk menjadi takut dan gentar menghadapinya. Tetapi sekalipun demikian, bangsa Israel tetap meraih kemenangan atas pertempuran ini. Semua musuh-musuhnya yang bersatu itu benar-benar dikalahkan dan dihancurkan. Kemenangan ini sepenuhnya adalah karena Tuhan, bangsa Israel percaya kepada Tuhan sekalipun begitu kuatnya musuh kemenangan tetap menjadi bagian mereka.

Hal yang sama di dalam hidup kita. Tuhan tidak ingin kita menghindari musuh-musuh kita, permasalahan, konflik atau pergumulan apapun yang kita alami. Hadapi bukan hindari dan lihatlah seperti Tuhan memberikan kemenangan kepada bangsa Israel sekalipun begitu kuatnya musuh mereka bersatu, Tuhan juga akan menolong kita untuk mengalami kemenangan demi kemenangan sekalipun beratnya yang harus kita hadapi. Jangan pernah menajdi takut dan gentar dan jangan pernah berpikir untuk menghindarinya tetapi hadapilah dengan kuat kuasa Tuhan.