Pages

27 April 2018

MENGINTAI JANJI TUHAN

Renungan Harian - Ajukanlah tiga orang dari tiap-tiap suku; maka aku akan menyuruh mereka, supaya mereka bersiap untuk menjelajahi negeri itu, mencatat keadaannya, sekadar milik pusaka masing-masing, kemudian kembali kepadaku. Yosua 18:4

Ketika bangsa Israel bersiap untuk menaklukkan tanah perjanjian, Yosua mengerahkan agar setiap suku mengirimkan perwakilannya untuk mengintai negeri itu dan memberikan data-data penting perihal keadaan negeri itu. Setiap suku Israel akan memperoleh bagian wilayah dari tanah perjanjian itu dan dengan hanya mengetahui sedikit tentang keadaan negeri itu tentu tidaklah cukup. Sebab itulah Yosua memerintahkan untuk mengintai dan memberikan informasi lengkap tentang keadaan negeri itu. Berdasarkan informasi lengkap tersebut maka Yosus akan mengatur strategi untuk menduduki negeri itu.

Semua informasil lengkap itu menjadi dasar bagi Yosua untuk menentukan strategi penaklukkan tetapi disisi lain juga menjadi kesempatan yang baik agar setiap suku dapat bekerjasama dengan membagikan hasil pengamatan dan intaian mereka.

Prinsip-prinsip ini juga berlaku dalam kehidupan rohani kita. Berapa banyak dari kita yang telah mendapatkan janji-janji Tuhan melalui firman-Nya yang kit abaca dan renungkan tetapi pada kenyataannya kita gagal untuk menikmat keseluruhan berkat janji-janji Tuhan itu? Tuhan berjanji kepada Israel akan sebuah tanah perjanjian dan Tuhan menjadikan itu nyata, terjadi bagi Israel, maka janji-janji Tuhan itu tidak hanya sebatas janj-janji yang kita dapatkan melalui firman-Nya yang kit abaca tetapi nyata terjadi dalam hidup kita.

Di dalam hidup kita, mintalah agar Tuhan memberikan pencerahan akan janji-janji-Nya di depan kita, kita mengintai janji-janji-Nya di depan kita itu dan dengan iman kita bertindak untuk meraihnya. Jangan pernah menyerah atau terpengaruh kepada segala sesuatu yang mengalihkan kita dari memandang dan bertindak untuk meraih janji-janji-Nya itu. Dengan berani dan penuh keyakinan kita tetap berjalan dan bertindak untuk meraih setiap janji-janji-Nya itu bagi kita, janji-Nya Ya dan Iman, pasti tergenapi dalam hidup kita.