Pages

10 April 2018

METODE DOA KESEMBUHAN

Renungan Harian - Lalu Yesus menjamah mata mereka sambil berkata: "Jadilah kepadamu menurut imanmu." Matius 9:29

Kita percaya bahwa di dalam anugerah Tuhan kita dapat berdoa bagi orang sakit dan orang sakit itu disembuhkan Tuhan. Namun ketika kita berdoa, kita mungkin akan terjebak pada metode-metode doa. Kita lebih meniru bagaimana caranya berdoa bagi orang sakit dan bukannya fokus pada utama yang membuat doa itu didengar dan berkuasa adalah karena kita orang benar di dalam Kristus dan bahwa kita berdoa dengan iman di dalam Yesus Kristus.

Kita dapat melihat bahwa Yesus menggunakan berbagai cara berdoa bagi orang sakit. Dia hanya berkata-kata dan orang lumpuh itu berjalan (Mat 9:6-7), Dia dijamah dan yang menjamahnya menjadi sembuh (Mat 9:22), Dia menjamah mata yang (Mat 9:29), Dia mengusir setan dan orang bisu itu sembuh (Mat 9:33), ada kalanya Ia datang untuk menjamah dan menyembuhkan tetapi ada kalanya juga Ia tidak perlu datang untuk menjamah namun yang sakit tetap dapat disembuhkannya (Mat 8:13). Ada juga kalanya Yesus memasukkan jarinya ke telinga yang tuli dan yang tuli itu dapat mendengar kembali (Mark 7:33) dan ada juga yang sepertinya tidak lazim yaitu ketika Yesus meludah ke tanah, dan mengaduk ludahnya itu dengan tanah, lalu mengoleskannya pada mata orang buta dan akhirnya orang buta itu dapat melihat kembali (Yoh 9:6)

Jadi kita tidak dapat berkata bahwa sebuah metode doa tertentu akan mendatangkan kesembuhan bagi orang yang sakit yang kita doakan. Kita dapat menumpangkan tangan, mengoleskan dengan minyak, dan berbagai cara lainnya. Tetapi sekali lagi, metode bukanlah kuncinya, kuncinya adalah doa orang benar bila dengan yakin didoakan besar kuasanya (Yak 5:16).