Pages

28 April 2018

TUHAN MEMANDANG DARI KETINGGIAN

Renungan Harian - sebab Ia telah memandang dari ketinggian-Nya yang kudus, TUHAN memandang dari sorga ke bumi, untuk mendengar keluhan orang tahanan, untuk membebaskan orang-orang yang ditentukan mati dibunuh, supaya nama TUHAN diceritakan di Sion, dan Dia dipuji-puji di Yerusalem, Mazmur 102:20-22

Memang tidak mudah untuk mengenali rencana Tuhan dalam hidup kita. Untuk menyadari bahwa rencana Tuhan bisa saja berbeda dengan rencana yang kita miliki, dan bagaimana Dia memandang segala sesuatu yang terjadi di dalam hidup kita juga bisa berbeda.

Dalam memandang masalah, kita ingin masalah itu segera berakhir sekarang juga. Tetapi ternyata Tuhan memandang kita harus mengalaminya untuk kemudian bisa menikmati kemenangan. Mungkinkah ada kemenangan tanpa pertarungan? Tentu saja tidak bukan. Dalam memandang kebutuhan hidup kita, kita ingin segala kita butuhkan segera terpenuhi tanpa ada penundaan. Tetapi ternyata Tuhan memandang kita harus menantikan jalan keluarnya agar kita mengerti bahwa kita harus selalu mengandalkan Dia dalam hal yang kecil maupun besar dan meyakini dengan baik bahwa segala Sesuatu yang terpenuhi itu bukan karena kuat gagah kita tetapi sepenuhnya adalah perkenanan dan kuasa Allah saja.

Pemazmur juga mengalami hal ini namun ia akhirnya menyadari bahwa Tuhan memandang segala sesuatu dari ketinggian-Nya yang kudus, artinya Ia memandang segala sesuatu dalam hidup kita jauh lebih jelas, jauh lebih rinci, jauh lebih baik dari cara kita memandang. Terkadang kita dapat melihatnya seperti kita melihat sebuah sel dengan mata telanjang tidak akan terlihat tanpa microscope tetapi Tuhan dapat melihatnya begitu rinci bahkan jauh jauh jauh lebih rinci dari microscope.

Ketika kita tidak mengerti apa yang terjadi di dalam hidup kita, ketika kita ragu dan bergumul apakah yang terjadi ini adalah rencana Tuhan atau tidak. Bila rencana Tuhan mengapa sepertinya justru tidak mengenakkan, percayalah dengna tidak bimbang bahwa Tuhan itu melihat keadaan kita jauh lebih baik, jauh lebih luas dari yang dapat kita lihat dan mengerti. Tuhan berkuasa dan berdaulat atas seluruh aspek kehidupan kita.