Pages

13 April 2018

TUHAN MEMBALIKKAN KEADAAN

Renungan Harian - Pada zaman para hakim memerintah ada kelaparan di tanah Israel. Lalu pergilah seorang dari Betlehem-Yehuda beserta isterinya dan kedua anaknya laki-laki ke daerah Moab untuk menetap di sana sebagai orang asing. Ruth 1:1

Sepertinya masa itu sangatlah berat bagi orang Israel karena kelaparan menimpa tanah Israel. Begitu buruk dan beratnya keadaan itu sehingga sebuah keluarga yaitu Elimelekh tanah Israel mencari peruntungan di negeri asing, di tanah Moab. Sebuah keputusan besar diambil karena meninggalkan negerinya, orang-orang yang dikenalnya, keluarganya yang lain, dan kemudian menetap di sebuah negeri yang asing bahkan di negeri yang tidak bersahabat dengan orang-orang Israel. Tidak hanya akan menghadapi orang-orang yang asing disana, Elimelekh dan keluarganya juga akan diperhadapkan dengan kepercayaan yang asing, kepercayaan yang berbeda dan bertentangan dengan kepercayaannya kepada Allah Abraham, Ishak dan Yakub.

Pada awalnya, tampaknya semuanya berjalan dengan baik sesuai rencananya. Anak-anaknya bahkan akhirnya menikah dengan perempuan Moab. Tampaknya, keluarga ini menemukan tempat yang lebih baik dibandingkan tanah Israel yang ditimpa kelaparan. Tapi kemudian Elimelekh dan kedua putranya meninggal dunia. Isterinya, Naomi, dan kedua menantunya yang masih hidup. Keadaan ternyata menjadi sangat buruk dan diluar dari rencananya.

Namun, Alkitab pada akhirnya mencatat kisah Allah dalam perjalanan keluarga ini begitu luar biasa. Keadaan yang tampaknya telah kalah total tetapi Allah tetap sanggup melakukan perkara yang ajaib. Melalui seluruh peristiwa kelaparan, pindah ke Moab dan kembali ke tanah Israel, Ruth akhirnya menikah dengan Boaz dan melalui mereka lahirlah Raja Daud dan bahkan akhirnya sampai kepada Yesus Kristus. Sebab itu, apapun yang sedang kita hadapi, saat semuanya sepertinya hancur berantakan, Tuhan dapat membalikkan keadaan kita menjadi sesuatu yang sangat besar. Tetaplah percaya pada-Nya, Dia tidak akan pernah gagal dalam hidup kita.