Pages

26 April 2018

TUHAN SELALU BESERTA KITA

Renungan Harian - Maka bermimpilah ia, di bumi ada didirikan sebuah tangga yang ujungnya sampai di langit, dan tampaklah malaikat-malaikat Allah turun naik di tangga itu. Berdirilah TUHAN di sampingnya dan berfirman: "Akulah TUHAN, Allah Abraham, nenekmu, dan Allah Ishak; tanah tempat engkau berbaring ini akan Kuberikan kepadamu dan kepada keturunanmu. Kejadian 28:12-13

Yakub merasa tidak aman karena segala sesuatu yang telah terjadi. Ia telah mengambil berkat sulung yang seharusnya milik saudaranya, Esau. Dan dia akhirnya harus berpisah jauh dari keluarganya ke negeri yang jauh di timur. Sebelum pergi jauh menghindari amarah saudaranya, Esau, ia mendapatkan pesan agar berhati-hati dalam memgambil seorang isteri. Dengan doa berkat yang telah ia terima, ia pergi jauh dari keluarganya sendiri, memulai petualangannya seorang diri.

Di dalam perjalanannya ke Haran, Yakub memutuskan untuk berkemah di suatu tempat. Dia tidak mengharapkan sesuatu yang luar biasa terjadi, tetapi ia justru mendapat mimpi yang mengubah hidupnya. Melalui mimpi ini, ia dikuatkan dan diteguhkan bahwa Tuhan besertanya kemanapun ia pergi, Tuhan tidak pernah meninggalkannya. Yakub yang tidak tahu pasti apa yang akan terjadi di depannya, bagaimana masa depannya kelak, kini dengan penuh pengharapan karena ia tahu bahwa Tuhan selalu besertanya.

Bagaimana dengan kita? Apakah kita juga sedang dalam keadaan yang mirip? Apakah kita sedang bertanya-tanya apa yang akan terjadi besok? Bagaimana kita menghadapi hari esok? Tuhan yang berjanji bahwa Ia beserta dengan Yakub, Dia Tuhan yang sama yang juga akan selalu beserta dengan kita. Kita selalu dapat berseru kepedaNya. Kita harus selalu masuk dalam hadiratNya, merenungkan firmanNya siang dan malam, mendengarkan suaraNya dan mengikuti pimpinanNya.

Kita harus menyerahkan jalan-jalan hidup kita kepadaNya sebab Dia yang akan menuntun setiap langkah kita. Minta Tuhan menolong kita semakin hari semakin peka akan suaraNya, Roh Kudus penolong kita.