Pages

17 May 2018

JANGAN TAKUT DAN GENTAR

Renungan Harian - Kamis, 17 Mei 2018 Menguasai perasaan kita sangatlah penting. Ketika kita membiarkan rasa takut dan gentar menguasai kita, maka rasa takut dan gentar itu sudah membuat kalah bahkan sebelum kita mulai bertanding.

Saul dan tentara Israel menjadi takut dan gentar ketika Goliath tampil menantang barisan tentara Israel, pertempuran yang belum dimulai sudah membuat Saul sang raja dan pasukannya kalah karena mereka telah dikuasai oleh rasa takut dan gentar. 1 Sam 17:24

Nabi Elia yang baru saja mengalahkan ratusan nabi-nabi baal, menjadi takut dan gentar setelah mendengar ancaman Izebel. Begitu takut dan gentarnya nabi Elia sehingga ia berseru kepada Tuhan agar mencabut nyawanya. 1 Raj 19:1-4.

Bila orang mengatakan takut dan gentar itu hal yang biasa, tetapi Tuhan berkata agar kita tidak menjadi takut dan gentar.

Yesaya 44:8 (TB) Janganlah gentar dan janganlah takut, sebab memang dari dahulu telah Kukabarkan dan Kuberitahukan hal itu kepadamu. Kamulah saksi-saksi-Ku! Adakah Allah selain dari pada-Ku? Tidak ada Gunung Batu yang lain, tidak ada Kukenal!"

Persoalan yang kita hadapi membuat kita takut dan gentar, tetapi kita tidak boleh membiarkan rasa takut dan gentar itu menguasai kita karena kita mempunyai Allah yang maha kuasa, maha segalanya yang tak tertandingi oleh apapun atau siapapun. Bukan karena kita hebat dan mampu mengatasainya tetapi karena kita memiliki Allah yang tak tertandingi ini lah yang menjadi kekuatan dan kepastian kemenangan kita atas segala pergumulan kehidupan kita.

Jangan takut dan gentar, Allah bersama kita dan tiada yang dapat dibandingkan Allah kita.