01 May 2018

MEMPERCAYAI TUHAN

Renungan Harian - Beberapa hal penting dalam tahapan kehidupan kita adalah pencarian akan makna hidup, jalur karir yang akan ditempuh, berusaha untuk memahami dan mengatasi tantangan hidup dengan sukses, menjadi peka akan keputusan yang benar dan salah, dan masih banyak lagi tahapan-tahapan yang tidak mudah dalam hidup kita untuk dijalani.

Sangat baik bila kita terus memikirkan bagaimana kita menyelesaikannya dan merencanakan hidup kita sebaik atau sesempurna mungkin. Tetapi faktanya adalah, seringkali hidup tidak berjalan sesuai dengan apa yang kita rencanakan. Seringkali kita harus mengalami kegagalan, kekecawaan dan bahkan sampai putus asa. Tidak selalu itu karena kesalahan perencanaan, keputusan dan tindakan kita. Ada banyak hal di luar kita yang bisa menggagalkannya.

Firman Tuhan mengatakan:

"Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu." Amsal 3:5-6.

"Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan Tuhanlah yang akan terlaksana. Amsal 19:21

Ini menjadi kebalikan dari apa yang pada umumnya dilakukan. Banyak orang membuat pilihan-pilihan dengan pertimbangannya sendiri. Ketika menerima sebuah pekerjaan misalnya, hanya akan mempertimbangkan bahwa ini adalah pekerjaan yang baik, memberikan masa depan cerah dengan gaji yang besar dan merasa itu adalah pekerjaan yang baik namun berakhir pada ketakutan, kekuatiran, penyesalan, tertekan dan keputusasaan.

Firman ini menegaskan kepada bahwa kita harus merubah dari apa yang kita pikir akan sesuatu menjadi mempercayai Tuhan dengan segenap hati agar Ia yang meluruskan jalan-jalan kita. Jalan pendidikan kita, karir kita, keluarga kita, dan juga pelayanan kita. Kita harus berubah dari apa yang kita mau menjadi apa yang Tuhan mau. Dari apa yang kita pikirkan menjadi apa yang Tuhan pikirkan bagi kita. Dari apa yang kita rencanakan menjadi apa yang Tuhan rencanakan bagi kita.

Sekalipun kita akan juga menghadapi berbagai tantangan, karena Ia yang akan meluruskan jalan-jalan kita, maka kita pasti akan sampai pada tujuan yang sesuai dengan rencana dan rancangan Tuhan bagi kita. Jika kita terus secara konsisten percaya kepada Tuhan dengan segenap hati dan mengakui Dia sepenuhnya dalam segala laku kita. Dia akan menyediakan hikmat, pengetahuan, kemampuan, bagi kita untuk menghadapinya dan keluar sebagai pemenang.