Pages

07 May 2018

PERTOLONGAN SEJATI

Renungan Harian - Anak saya yang masih belum genap 2 tahun tidak mau bertemu dengan orang yang belum dikenalnya. Jika ada seseorang yang mendekatinya, spontan ia langsung berlari ke papa atau mamanya. Tidak perduli apa yang menjadi iming-imingnya, ia tidak akan mau bersama dengan orang yang benar-benar belum dikenalnya. Ia merasa tidak aman bila bersama dengan orang yang belum dikenalnya, maka ia akan selalu berlari mendatangi papa atau mamanya untuk merasa aman. Orang yang tidak dia kenal, ia anggap jadi masalah besar baginya.

Hidup kita ini tidak pernah lepas dari masalah. Setiap hari kita pasti diperhadapkan kepada berbagai masalah kehidupan. Apa yang kita lakukan bila kita menghadapi masalah? Allkitab mengatakan terkutuklah orang yang mengandalkan kekuatannya sendiri (Yer 17:5).

Alkitab melarang kita untuk mengandalkan manusia dan diri sendiri dalam menghadapi masalah kehidupan kita. Sebaliknya, Alkitab berkata diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan dan yang menaruh harapnya kepada Tuhan.

Maka setiap kali kita diperhadapkan pada masalah dalam hidup kita, kita langsung berlari kepada Tuhan. Saat kita merasa tidak tenang, Dialah Raja Damai (Yes 9:6). Saat kita butuh pertolongan, Dialah penolong kita (Ibr 13:6). Saat kita bingung dan bimbang, Dialah kebenaran (Yoh 14:6). Saat kita sendiri, Dialah yang selalu beserta kita (Mat 1:23). Saat kita merasa lemah, Dialah kekuatan kita (Ams 18:10).

Hanya Yesus pertolongan kita yang sejati, justru terkutulah orang yang mengandalkan manusia dan diri sendiri.