Pages

25 May 2018

Pribadi Yang Selalu Bersyukur

Renungan Harian - Jumat, 25 Mei 2018
Bersyukur ketika mendapatkan segala berkat yang kita harapkan memang mudah. Ketika kita diterima di sekolah atau universitas yang kita tuju, ketika mendapatkan pekerjaan dan promosi jabatan, menerima berita ister hamil atau melahirkan dengan semua keadaan baik, ketika usaha kita begitu maju dan terus berkembang, ucapan syukur dan puji-puji kepada Tuhan tidaklah sulit untuk kita berikan, dan memang sudah selayaknya kita mengucap syukur dan memuji Tuhanagar segala berkatnya di dalam hidup kita.

Tetapi Paulus tidak mengatakan bahwa mengucap syukur hanya pada saat semuanya baik, Paulus menekankan bahwa syukur itu harus senantiasa kita lakukan, bersyukut atas segala hal. Artinya, apapun keadaan kita, tidak ada alasan untuk tidak bersyukur dan bersyukur senantiasa adalah kehendak Tuhan.

1 Tesalonika 5:18 (TB) Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

Lalu bagaimana kita bersyukur dalam segala hal? Apakah kita bersyukur ketika ditipu rekan bisnis? Apakah kita bersyukur atas penyakit yang kita derita? Apakah kita bersyukur ketika perusahaan mengurangi karyawan sehingga kita kehilangan pekerjaan?

Tentu saja kita tidak bersyukur atas semua hal yang buruk dan tidak sesuai harapan itu. Lalu bagaimana kita bersyukur dalam segala hal sebagaimana yang Paulus tuliskan?

Ketika masalah, kesulitan atau bahkan tragedy menimpa kita, kita tetap bersyukur. Apa yang kita syukuri? Kita bersyukur bahwa sekalipun itu terjadi dalam hidup kita karena Allah setia dan tidak pernah meninggalkan kita (Ul 31:6). Kita bersyukur bahwa Ia tetap turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagi kita (Rom 8:28). Kita bersyukur bahwa rancanganNya adalah damai sejahtera dan hari depan yang penuh harapan (Yer 29:11). Kita bersyukur Dia berkuasa dan tidak ada rancanganNya yang gagal (Ayub 42:2). Kita bersyukur di dalam Dia kita cakap menanggung segala perkara (Fil 4:13).

Tidak ada alasan untuk tidak bersyukur, dengan tetap bersyukur kita menyatakan kita percaya padaNya apapun yang terjadi dalam hidup kita.