Pages

29 June 2018

Menguasai Diri Sendiri

Renungan Harian - Jumat, 29 Juni 2018
Menguasai Diri Sendiri

Setelah mengalahkan Goliat, Daud menjadi pahlawan bagi Israel. Kepahlawanan Daud terus berlanjut ketika ia memimpin pasukan Israel sehingga rakyat mengelu-elukan nama Daud dibandingkan raja Saul. Hal ini membuat Saul menjadi iri dan berusaha menyingkirkan Daud. Namun pada akhirnya Daud menjadi raja menggantikan Saul.

Namun Daud gagal menjadi "pahlawan" sejati yang perkasa ketika akhirnya ia jatuh kepada dosa perzinahan dengan Batsyeba isteri orang Uria itu dengan manuver politik yang sangat jahat. Dosa ini menjadi akar atas segala kekacauan dalam keluarga Daud dan terbelahnya kerajaan Israel.

Daud begitu hebat mengalahkan Goliat dan pemimpin perang yang sangat ditakuti. Tetapi Daud gagal menguasai dirinya sendiri sehingga ia jatuh kedalam dosa perzinahan dan mengacaukan banyak hal dalam hidup pribadi, keluarga dan kerajaannya.

Bagian kisah Daud ini menjadi pelajaran yang sangat penting bagi kita agar kita tidak mengulangi kesalahan yang sama. Sebab itu, penting bagi kita untuk hidup sesuai dengan Amsal 16:32 ini: "Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota"

Jadilah orang sabar yang menguasai diri dan tidak dikuasai oleh keinginan diri sendiri yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan. Karena akan sia-sia segala "kepahlawanan" kita ketika kita jatuh karena tidak dapat menguasai diri sendiri di dalam Kristus.