Pages

30 June 2018

Warisan Rohani

Renungan Harian - 30 Juni 2018
Warisan Rohani

Bagi Anda yang suka menonton sinetron baik itu lokal maupun dari luar, pasti ada satu kesamaan cerita besarnya dari sinetron itu yaitu bagaimana menguasai atau merebut harta, baik itu anak kepada orang tua maupun orang luar yang masuk kedalam keluarga kaya. Salah satu tema besar dosa manusia adalah uang sebagaimana tertulis dalam 1 Timotius 6:10 "akar dari segala kejahatan ialah cinta uang..."

Belajar dari Daud, Raja Daud tidak hanya meninggalkan harta seorang raja. Melampaui hal itu, Daud meninggalkan harta warisan yang tidak akan dapat dikuasai atau direbut oleh orang lain. Harta yang menolong Salomo sehingga dapat menjadi seorang raja. Harta itu adalah keteladanan rohani.

1 Raja-raja 3:3 "Dan Salomo menunjukkan kasihnya kepada TUHAN dengan hidup menurut ketetapan-ketetapan Daud, ayahnya; hanya, ia masih mempersembahkan korban sembelihan dan ukupan di bukit-bukit pengorbanan."

Mengikuti ayahnya, Daud, Salomo hidup mengasihi Tuhan dan mengiukuti teladan Daud bagaimana hidup mengasihi Tuhan secara nyata.

Dalam versi amplified Bible, kata yang dipakai adalah "Solomon loved the Lord" dan "walk in the statues and practices of David"

Salomo melihat bagaimana ayahnya Daud mengasihi Tuhan dan bagaimana ia menjalani hidupnya di dalam Tuhan. Sehingga ketika ia diberikan Tuhan untuk meminta apa saja dari Tuhan, ia tidak meminta sesuatu yg akan memuaskan kedagingannya melainkan untuk memuliakan Tuhan.

Harta duniawi baik menjadi warisan kita, tetapi jauh lebih baik lagi bila kita mewariskan bagaimana mengasihi Tuhan dan berjalan dengan Tuhan; menjadi teladan rohani bagi anak-anak kita.