Pages

01 July 2018

Apakah Orang Percaya Boleh Bercerai

Artikel Khusus - Orang Kristen Bercerai, adakah? BANYAK. Tetapi apakah orang percaya boleh bercerai? Bila kita membaca di dalam Matius 19:6

"Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia."

Jelas sekali bahwa orang-orang percaya tidak boleh bercerai. Tetapi berdasarkan ayat ini bahwa orang-orang percaya memang dapat saja diceraikan manusia sekalipun Allah berkata "tidak boleh"

Ada banyak orang-orang Kristen yang pada akhirnya bercerai oleh karena berbagai alasan yang mereka buat. Terutama bila mengalami masa-masa pernikahan yang begitu berat, keduanya akan berteriak "kita bercerai saja" padahal mereka membutuhkan konseling/bimbingan dan paling utama mereka sangat memerlukan doa dan puasa bersama agar keduanya dapat diubahkan karena pernikahan sesunguhnya juga menolong untuk membentuk kita menjadi semakin serupa dengan Dia, oleh sebab itu kita tidak boleh "melarikan diri" dengan cara bercerai.

Bila kita belajar pada Hosea, apakah Tuhan memerintahkan Hosea untuk menceraikan isterinya yang berlaku sundal? bukankah zinah adalah alasan "yang bagus" untuk bercerai? Faktanya tidak demikian dengan pernikahan Hosea. Tuhan justru memerintahkan Hosea untuk semakin menunjukkan kasihnya kepada isterinya. Demikian juga dalam hal hubungan kita dengan Tuhan. Ketika kita berdosa "berzinah" di dalam dosa-dosa kita, memberontak terhadap Dia, melakukan segala yang jahat dimataNya, kita tidak setia kepadaNya, apakah Tuhan meninggalkan kita? TIDAK, Dia justru mendatangkan seorang juruselamat bagi kita yaitu Yesus Kristus. Sesungguhnya pernikahan kita ini juga adalah gambaran hubungan kita dengan Kristus, Dia adalah mempelai Pria dan gerejaNya adalah mempelai wanitaNya.

Tuhan tidak pernah meninggalkan kita ketika kita dalam masa-masa yang sukar tetapi Dia justru menunjukkan kasihNya yang melimpah. Maka siapakah kita yang justru meninggalkan pasangan kita kita masalah-masalah dalam keluarga terjadi? Kita tidak layak untuk melakukannya. Kita harus mengingat bahwa Tuhan mengasihi kita dan juga pasangan kita. Dia sanggup mengubah kita dan memulihkan hubungan kita yang rusak sekalipun. Tidak mungkin kita ingin memperbaiki hubungan rumah tangga kita tetapi kita tidak pernah mencari Tuhan dan kehedakNya.

Apakah kita dapat menceraikan pasangan kita karena dia bukan seorang yang percaya sungguh-sungguh? TIDAK

1 Korintus 7 (12) Kepada orang-orang lain aku, bukan Tuhan, katakan: kalau ada seorang saudara beristerikan seorang yang tidak beriman dan perempuan itu mau hidup bersama-sama dengan dia, janganlah saudara itu menceraikan dia. (13) Dan kalau ada seorang isteri bersuamikan seorang yang tidak beriman dan laki-laki itu mau hidup bersama-sama dengan dia, janganlah ia menceraikan laki-laki itu. (14) Karena suami yang tidak beriman itu dikuduskan oleh isterinya dan isteri yang tidak beriman itu dikuduskan oleh suaminya. Andaikata tidak demikian, niscaya anak-anakmu adalah anak cemar, tetapi sekarang mereka adalah anak-anak kudus.

Apakah kita dapat menceraikan pasangan kita karena dia adalah pecandu pornografi? TIDAK

Yoel 2 (12) "Tetapi sekarang juga," demikianlah firman TUHAN, "berbaliklahh kepada-Ku dengan segenap hatimu, dengan berpuasa, dengan menangis dan dengan mengaduh." (13) Koyakkanlah hatimu dan jangan pakaianmu, berbaliklah kepada TUHAN, Allahmu, sebab Ia pengasih dan penyayang, panjang sabar dan berlimpah kasih setia, dan Ia menyesal karena hukuman-Nya.

Apakah kita dapat menceraikan pasangan kita karena merasa tidak cocok dan selalu bertengkar? TIDAK

Yakobus 5 (16) Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

Apakah kita dapat menceraikan pasangan kita karena kita merasa telah menikahi orang yang salah? TIDAK

1 Korintus 7 (17) Selanjutnya hendaklah tiap-tiap orang tetap hidup seperti yang telah ditentukan Tuhan baginya dan dalam keadaan seperti waktu ia dipanggil Allah. Inilah ketetapan yang kuberikan kepada semua jemaat.

Apakah kita tidak dapat menceraikan pasangan kita karena pasangan kita tidak mencintai kita lagi? TIDAK

Ibrani 4:16 Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.

Apakah kita tidak dapat menceraikan pasangan kita karena kita tidak mencintai pasangan kita lagi? TIDAK Efesus 5:33 Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya.

Kolose 3:19 Hai suami-suami, kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia.

Apakah kita tidak dapat menceraikan pasangan kita karena kita yakin akan lebih bahagia tanpa pasangan kita? TIDAK

1 Kor 13:4-7 Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.

Apakah kita tidak dapat menceraikan pasangan kita karena pasangan kita akan lebih bahagia tanpa kita? TIDAK

Mazmur 55:22 Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah.

Yakobus 1:5 Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, --yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit--,maka hal itu akan diberikan kepadanya.

Apakah kita tidak dapat menceraikan pasangan kita karena kita lagi melakukan hubungan sex? TIDAk

1 Korintus 7:3-5 Hendaklah suami memenuhi kewajibannya terhadap isterinya, demikian pula isteri terhadap suaminya. Isteri tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi suaminya, demikian pula suami tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi isterinya. Janganlah kamu saling menjauhi, kecuali dengan persetujuan bersama untuk sementara waktu, supaya kamu mendapat kesempatan untuk berdoa. Sesudah itu hendaklah kamu kembali hidup bersama-sama, supaya Iblis jangan menggodai kamu, karena kamu tidak tahan bertarak.

Apakah kita tidak dapat menceraikan pasangan kita karena kita pada dasarnya kita tidak siap untuk berkeluarga? TIDAK

Amsal 3:5-6 Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. 1 Tes 5:18 Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

Apakah kita tidak dapat menceraikan pasangan kita karena kita telah mencintai orang lain? TIDAK Roma 13:14 Tetapi kenakanlah Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang dan janganlah merawat tubuhmu untuk memuaskan keinginannya.

Kejadian 2:24 Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.

Apakah kita tidak dapat menceraikan pasangan kita karena kita merasa pernikahan ini bukan kehendak Allah atas hidup kita? TIDAK

Yoh 15:10-11 Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh.

Yak 1:2 Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan,

Apakah kita tidak dapat menceraikan pasangan kita karena kita ingin fokus di dalam pelayanan kita? TIDAK

1 Tim 5:8 Tetapi jika ada seorang yang tidak memeliharakan sanak saudaranya, apalagi seisi rumahnya, orang itu murtad dan lebih buruk dari orang yang tidak beriman.

Apakah kita tidak dapat menceraikan pasangan kita karena spertinya Tuhan tidak perduli dengan hidup saya, bukankah Kristus telah mati bagi dosa-dosa kita? TIDAK

Mal 2:16 Sebab Aku membenci perceraian, firman TUHAN, Allah Israel--juga orang yang menutupi pakaiannya dengan kekerasan, firman TUHAN semesta alam. Maka jagalah dirimu dan janganlah berkhianat!

Rom 6:1-6 Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Bolehkah kita bertekun dalam dosa, supaya semakin bertambah kasih karunia itu? Sekali-kali tidak! Bukankah kita telah mati bagi dosa, bagaimanakah kita masih dapat hidup di dalamnya? Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya? Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru. Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya. Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa.

Apakah kita tidak dapat menceraikan pasangan kita karena ini bukan yang kita harapkan? TIDAk

1 Pet 5:7 Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu. Apakah kita tidak dapat menceraikan pasangan kita karena kita merasa pernikahan ini tidak nyata? TIDAK Mat 19:5-6 Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia." 

Apakah kita tidak dapat menceraikan pasangan kita karena kita ingin mengejar mimpi dan karir kita? TIDAK

Filipi 2:3-4 dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri; dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga.

 Apakah kita tidak dapat menceraikan pasangan kita karena kita merasa penikahan yang terlalu berat dan tidak mungkin dijalani lagi? TIDAK Roma 8:28-29 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.

Apakah kita tidak dapat menceraikan pasangan kita karena kita tidak sungguh-sungguh ketika mengucapkan janji nikah kita? TIDAK

Bilangan 30:2 Apabila seorang laki-laki bernazar atau bersumpah kepada TUHAN, sehingga ia mengikat dirinya kepada suatu janji, maka janganlah ia melanggar perkataannya itu; haruslah ia berbuat tepat seperti yang diucapkannya. Amsal 20:25 Suatu jerat bagi manusia ialah kalau ia tanpa berpikir mengatakan "Kudus", dan baru menimbang-nimbang sesudah bernazar.

Apakah kita tidak dapat menceraikan pasangan kita karena kita telah berdoa dan sepertinya Tuhan menghendaki saya untuk bercerai? TIDAK

1 Yoh 4:1 Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.