Pages

04 July 2018

Bila Doa Tidak Dijawab

Renungan Harian - Rabu, 4 Juli 2018
Bila Doa Tidak Dijawab

Sepanjang kehidupan saya sebagai orang percaya, "doa" bukanlah kata yang asing bahkan sejak saya mulai bisa bicara. Tak terhitung berapa banyak doa yang telah saya naikkan dan tak terhitung banyaknya doa yang dijawab dan tidak dijawab.

Tetapi sesungguhnya tidak ada doa yang tidak dijawab. Mungkin yang dikatakan orang doanya tidak dijawab adalah Tuhan tidak berikan yang sesuai dengan doanya tetapi akan dijawab sesuai dengan kehendak dan rencana Tuhan.

Doa yang dikatakan orang doanya dijawab adalah memang yang didoakan sudah sesuai dengan kehendak dan rencana Tuhan. Baiklah kita tetap menggunakan istilah itu, doa yang dijawab dan tidak dijawab (namun kita sudah tahu makna sebenarnya).

Ada kalanya doa kita dijawab begitu cepat, ada juga yang begitu lama atau bahkan sampai detik terakhir baru dijawab atau tidak dijawab sama sekali; apapun itu, Tuhan memakai semuanya itu untuk membuat kita semakin bertumbuh menjadi serupa dengan Kristus.

Walau kadang kita menjadi patah semangat dan benar-benar hampir hilang harapan, tetaplah berdoa; minta, ketuk dan carilah tanpa henti.

Bila doa kita "tidak dijawab" tetaplah teguh dalam iman kepada Kristus dan ketahuilah beberapa hal ini tentang doa yang tidak "dijawab"

DOA TIDAK SESUAI KEHENDAK TUHAN
1 Yohanes 5:14 (TB) Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya.

MOTIF DOA YANG SALAH
Yakobus 4:3 (TB) Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu. Tetaplah berdoa; meminta, mengetuk dan mencari sesuai dengan kehendak Allah dan dengan motif yang benar.