Pages

09 July 2018

Orang-Orang Yang Diangkat Tuhan

Renungan Harian - Senin, 9 Juli 2018
Orang-Orang Yang Diangkat Tuhan

Rapture atau pengangkatan adalah salah satu doktrin akhir zaman yang ditafsirkan dengan berbagai versi. Apakah Anda mempercayai adanya rapture atau tidak? Kiranya ulasan singkat ini akan menguatkan Anda juga.

Yesus terangkat ke sorga dengan jelas telah disaksikan dalam Injil. Bagi kita yang percaya, ini adalah puncak dari karya keselamatan Allah bagi manusia; Dia lahir, bertumbuh, melayani, menebus, mati, bangkit dan naik ke sorga (akan datang kembali)

Terangkatnya Yesus ke sorga sesungguhnya bukanlah hal yang baru terjadi. Di PL (Perjanjian Lama) terangkat ke sorga sudah terlebih dahulu "diperkenalkan" Allah. Dan kita dapat belajar dari hal ini dan hidup mereka yang diangkat. Yang pertama adalah Henokh

Kejadian 5:24 (TB) Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah.

Yang pertama yang diangkat (mengalami rapture) adalah Henokh.

Alkitab dengan jelas mengatakan bahwa Henokh hidup bergaul dengan Allah dan ini "membuatnya" terangkat ke sorga. Tidak ada dalam Alkitab tentang pelayanannya, hanya tentang kisahnya hidup bergaul dengan Allah (intim dengan Tuhan).

Dari hal ini kita semakin yakin bahwa "Ya" rapture itu ada dan pasti. Dan kemudian kita melihat orang yang akan terangkat ke sorga adalah orang yang hidupnya bergaul dengan Allah. Melayani itu baik dan memang panggilan kita sebagai orang percaya tetapi melayani haruslah sebagai hasil dari hubungan yang intim dengan Tuhan dan bukan hasil pengalaman dan pengetahuan dan keahlian semata.

Yang kedua yang diangkat (mengalami rapture) adalah Elia

2 Raja-raja 2:11 (TB) Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai. Yang kedua yang diangkat ke sorga adalah Elia. Setelah Henokh menggambarkan orang yang terangkat adalah orang yang.hidupnya bergaul dengan Allah, Elia menggambarkan orang terangkat adalah orang yang dengan setia melayani Tuhan. Elia tidak kompromi dan tidak gentar menghadapi nabi-nabi baal.

Kita orang yang hidup bergaul dengan Allah selanjutnya melayani dengan setia sampai akhir. Kita menghadapi "nabi-nabi baal" modern dalam berbagai bentuk dengan tidak kompromi dan gentar.

Dari dua kisah "terangkat" ke sorga ini, kita kini memiliki kepastian dan keyakinan yang kokoh bahwa benar ada sorga, benar ada pengangkatan dan itu semua pasti. Tidak ada kitab, agama atau isme apapun di dunia ini yang dengan tegas dan meyakinkan membicarakan sorga sedemikian rupa.

Dari dua kisah "terangkat" ke sorga ini, kita juga melihat gambaran Henokh yang hidup bergaul dengan Allah dan Elia yang setia sampai akhir melayani dengan berani dan tidak gentar.

Hiduplah bergaul dengan Tuhan dan layanilah Tuhan dengan setia sampai akhir, kita yang percaya padaNya pasti diangkat ke sorga.