Pages

05 July 2018

Seorang Penolong Yang Sepadan

Renungan Harian - Kamis, 5 Juli 2018
Seorang Penolong Yang Sepadan

TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia." [Kejadian 2:18]

Seorang isteri yang cantik, cerdas, berpenampilan menawan plus baik hati! Siapa yang tidak ingin memilikinya, saya percaya semua orang mendambakan seorang isteri yang seperti itu. Walau "hampir mustahil" menemukan yang sesempurna itu, kita tetap dapat menemukan orang yang demikian dan mungkin saja kita mengenal salah satunya.

Ketika saya bertanya kepada beberapa teman tentang isteri atau pacar yang mereka idamkan, hampir semua teman pria mengatakan "CANTIK", "CERDAS", "SEKSI", "BAIK HATI" dan ada sedikit orang yang mengatakan "KAYA". Apakah anda salah satunya? Memang tidak salah memilih berdasar kan salah satu atau semua kriteria di atas, tetapi apakah memang itulah yang menjadi "KRITERIA UTAMA & PENTING" untuk menjadi isteri?

Firman Tuhan mengatakan :"Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia." [Kejadian 2:18] Berdasarkan Firman ini, jelas sekali bahwa memang manusia itu tidak baik bila seorang diri sendiri, dalam konteks keluarga, kita membutuhkan seseorang yang menjadi pasangan hidup kita. Tapi kriteria apa yang diberikan Tuhan untuk menjadi pasangan hidup kita? SEPADAN! Yah, seorang pasangan hidup yang sepadan dan yang bisa menjadi penolong bagi kita.

Sepadan bukan hanya berarti seiman, tetapi juga selevel, seimbang, serupa, hampir sama dalam hal tingkat kerohanian. Walaupun satu agama, satu gereja, satu aliran, jika tingkat kerohanian berbeda, juga akan merupakan kendala dalam membangun hubungan, bahkan akan banyak sumber pertengkaran, ketika harus memberikan prioritas waktu, uang, dan perhatian. Jika yang satu sangat rohani dan taat membayar perpuluhan dan yang satunya tidak, dan hal semacam itu tidak pernah dibicarakan selama pacaran (karena hanya terfokus pada bagaimana bermesraan), maka akan tiba saatnya hal itu akan menjadi sumber pertengkaran.

Dengan demikian, kriteria "CANTIK", "CERDAS", "SEKSI", "BAIK HATI", "KAYA" murni adalah kriteria manusiawi saja dan bukan kriteria ilahi seperti yang ditetapkan Tuhan sejak awal.

Apakah anda sedang berdoa untuk seorang pasangan hidup? berdoalah dengan sungguh-sungguh, mintalah seorang pasangan hidup yang memilki kriteria ilahi, seorang

PENOLONG yang SEPADAN dan berdoalah untuk kriteria SEPADAN versi anda. SEORANG ISTERI YANG SEPADAN, SANGGUP MENJADI PENOLONG BAGI SUAMINYA