Pages

23 July 2018

Tugas Seorang Pendidik

Renungan Harian - (Kolose 1:28-29) Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus. Itulah yang kuusahakan dan kupergumulkan dengan segala tenaga sesuai dengan kuasa-Nya, yang bekerja dengan kuat di dalam aku.

Seorang guru Kristen tentunya akan sangat berbeda dengan guru pada umumnya. Seorang guru Kristen akan sama-sama mengajarkan bidang studi yang akan diajarkan dengan juga mengajarkan moral maupun karakter kepada para siswanya. Namun seorang guru Kristen tidak bisa berhenti pada titik mengajarkan ilmu pengetahuan, moral etika maupun karakter. Lebih daripada itu, seorang guru Kristen juga dipanggil untuk memberitakan Yesus di dalam ruangan kelas mereka. Di dalam Kolose 1:28 ini kita dapat melihatnya dengan jelas bahwa kita dipanggil untuk memberitakan Dia yaitu Kristus.

Seorang guru Kristen memiliki fokus dan tujuan yang jauh lebih tinggi dari sekedar mengajarkan ilmu pengetahuan, moral etika dan karakter yaitu memberitakan Yesus di dalam ruangan kelasnya. Dalam mengajar maupun menasehati setiap siswa seorang guru Kristen harus melakukannya dalam segala hikmat. Benar seorang guru Kristen membutuhkan seluruh ilmu pedagoginya tetapi mengingat seorang guru Kristen juga fokus untuk memberitakan Kristus di dalam kelasnya maka tidak bisa tidak, seorang guru Kristen harus meakukannya dengan segala hikmat yang dari Tuhan. Setiap siswa di dalam kelas adalah milik Tuhan maka hanya Tuhanlah yang mengenal para siswa tersebut sehingga kita harus sepenuhnya menasehati dan mengajar mereka dalam segala hikmat Tuhan.

Lebih lanjut dengan melihat pada Kolose 1:28-29, didalam pembelajarannya, seorang guru Kristen harus dengan secara sadar dan sengaja untuk memimpin setiap siswanya pada kesempurnaan dalam Krsitus. Tidak hanya hebat dalam pencapaian akademik, di atas segalanya, siswa harus mengalami pengenalan dan pertumbuhan hingga kepada kesempurnaan dalam Kristus. Ini harus diusahakan dengan gigih, digumulkan setiap hari dan tidak boleh lepas dari fokus dan panggilan sebagai guru Kristen.

Bagaimanakah seorang guru Kristen melakukan panggilan yang besar ini? Di bagian akhir dari ayat ini kita dapat melihat bahwa kemampuan kita adalah karena kuasa dari Tuhan sendiri. Tuhan bekerja di dalam kita setiap kali kita mulai masuk di dalam kelas kita untuk mengajar, menasehati, membimbing, mendisplinkan dan lain sebagainya.