Pages

03 July 2018

Tuhan Yang Membuka Pintu

Renungan Harian - Selasa, 3 Juli 2018
Tuhan Yang Membuka Pintu

Wahyu 3:8 (TB) Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorang pun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku.

Jemaat Filadelfia memiliki "tempat khusus" di hati Tuhan. Bagi jemaat ini, Tuhan berkata bahwa Ia telah membuka pintu yang tidak dapat dtutup oleh siapapun.

Mengapa Tuhan membuka pintu bagi jemaat filadelfia?

Kekuatannya (jemaat Filadelfia) memang tidak seberapa dan itulah sebabnya Tuhan membuka pintu, demikian juga bila kita tahu bahwa kekuatan kita tidak seberapa maka pintu pasti akan dibukakan Tuhan.

Bila kita bepergian dengan pesawat, mereka akan mendahulukan orang-orang cacat. Merekalah yang mendapatkan prioritas untuk masuk terlebih dahulu dan bukan kelas bisnis maupun ekonomi. Demikian juga sorga akan menjadikan kita yang kekuatannya tidaj seberapa menjadi prioritasnya.

Lukas 14:15-20 Menggambarkan orang-orang masih merasa kuat sehingga tidak mau datang ke undangan perjamuan besar. Ada orang-orang yang mengandalkan uang, usahanya, orang lain, masih mampu sendiri sehingga mengabaikan undangan tersebut.

Tetapi lihatlah pada ayat 21-23, akhirnya orang-orang yang dianggap tidak masuk hitungan untuk masuk menghadiri perjamuan besar itu. Bahkan orang-orang akan dipaksa untuk masuk. Dan justru orang-orang yang sebelumnga diundang (orang-orang yang masih merasa mampu) tidak akan menikmati perjamjan besar itu.

Belajar dari Yakub yang dibuat cacat oleh Tuhan sehingga Tuhan membukakan pintu baginya. Demikian juga adakalanya Tuhan membuat kita menjadi "cacat" sebelum pertolongan Tuhan dinyatakan. Didalam ketidakmampuan kita inilah Tuhan akan bekerja dan membuka pintu bagi kita.

Jemaat Filadelfia adalah jemaat yang menuruti firman Tuhan. Orang yang menuruti firman Tuhan artinya dia percaya bahwa Tuhan pasti akan memberikan yang terbaik dan memang Tuhan pasti memberi yang terbaik. Sebab itu janganlah kita jadi menggerutu atas keadaan kita, bila kita menjadi "disable"

Jemaat Filadelfia juga adalah jemaat yang tidak menyangkal Tuhan. Tidak menyangkal Tuhan juga berarti tidak mencuri kemuliaan Tuhan dan tidak mengambil segala sesuatu yang adalah haknya Tuhan.

Demikianlah Tuhan membuka pintu bagi jemaat Filadelfia yang kekuatannya tidak seberapa, yang menuruti firman Tuhan dan yang tidak menyangkal nama Tuhan. Hal yang sama pasti juga akan terjadi bagi kita yang mengasihi Dia. Amin