Pages

12 July 2018

Ujian Waktu

Renungan Harian - Siapakah diantara kita yang tidak pernah menerima janji Tuhan? Saya percaya kita semua pasti pernah menerima janji Tuhan bahkan saya hanya mau hidup dengan janji Tuhan saja.

Abraham menerima janji Tuhan dengan berkata "Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat." Kej 12:2. Dan setiap hari Abraham hidup dengan janji Tuhan. Tetapi Tuhan menentukan apa yang Ia janjikan tidak segera diterima Abraham, Abraham dan Sarah masuk dalam masa "test of time" (ujian waktu).

Dan setelah 10 tahun lamanya tinggal di tanah yang dijanjikan Tuhan, Abraham dan Sarah membuat kesimpulan sendiri atas janji Tuhan bahwa mereka akan menjadi bangsa yang besar. Kita lihat kesimpulan mereka yang sangat bertentangan dengan janji Tuhan dalam Kejadian 16:2 "Berkatalah Sarai kepada Abram: "Engkau tahu, TUHAN tidak memberi aku melahirkan anak. Karena itu baiklah hampiri hambaku itu; mungkin oleh dialah aku dapat memperoleh seorang anak." Dan Abram mendengarkan perkataan Sarai."

Kesimpulan Sarah "TUHAN tidak memberi aku melahirkan anak" dan perhatikan respon Abraham ini "Dan Abram mendengarkan perkataan Sarai" dengan kata lain Abraham setuju dan sepakat akan perkataan Sarah bahwa TUHAN tidak memberi Sarah melahirkan anak" yang dengan kata lain juga Abraham tidak percaya sepenuhnya bahwa janji Tuhan baginya YA dan AMIN.

Yang sulit dalam menerima dan hidup dalam janji Tuhan adalah bukan apakah Tuhan janjikan berkat yang terbaik bagi kita atau tidak tetapi yang paling sulit adalah ketika Tuhan tentukan kita masuk "test of time," masa-masa menanti janji Tuhan digenapi. Saat berada dalam test of time, kita bisa mengatakan yang sebaliknya seperti Sarah yang mengatakan sebaliknya dari apa yang Tuhan janjikan.

Maka saat kita memasuki "test of time" nya Tuhan, tetaplah pegang janji Tuhan YA dan AMIN dan terus perkatakan janji Tuhan itu sebagaimana yang Ia janjikan dan jangan merubah satu katapun atau susunan kata dari janji Tuhan apalagi yang sebaliknya, agar kita tetap mendapatkan jani Tuhan itu digenapi, karena memang pasti akan digenapi.

Ketika kita masuk "test of time," walau harus sampai 10 tahun, tetaplah pegang teguh janji Tuhan bagi kita