Pages

16 August 2018

Bukan Untuk Kita

Renungan Harian - "Dosa mempergunakan yang baik untuk mendatangkan kematian bagiku" (Rm. 7: 13b)

Segala hal yang baik dari Tuhan, hasil pencapaian yang agung, dan karakter yang baik dan setia bisa digunakan sebagai senjata yang mematikan bagi kita, jika keangkuhan diri sudah mulai mengintip di depan pintu hati.

Pada dasarnya segala hal itu adalah baik, tetapi kita yang bersifat daging cendrung menggunakan hal yang baik untuk membangkitkan dosa keangkuhan diri. Dosa keangkuhan akan pelan pelan muncul di permukaan hidup melalui pujian dari orang lain, kemudian dosa itu akan menguasai jiwa dan bertindak sebagai tuan atas hidup, sehingga pola pikir, sikap dan tindakan dibangun atas dasar keyakinan diri tsb. Itulah racun yang mematikan bagi jiwa.

Jikalau hal itu terjadi, maka kita akan berubah menjadi orang yang keras kepala, anggap diri benar, tidak mau mendengar nasihat, cinta diri, dan mementingkan diri. Pada saat yang demikian, kita selalu berdiri dibelakang jabatan, hasil karya, kepintaran, dll. Kita menjadi orang yang sulit di dekati dan diajar lagi. Dosa mendapatkan kesempatan bangkit dalam jiwa melalui segala hal yang baik itu.