Pages

30 August 2018

Membangun Kekaguman Menciptakan Motivasi

Renungan Harian - Biarlah segenap bumi takut kepada TUHAN, biarlah semua penduduk dunia gentar terhadap Dia! Mazmur 33:8

Let all the earth fear and worship the LORD; Let all the inhabitants of the world stand in awe of Him. Psalm 33:8

Permasalahan di dalam kelas yang sering diutarakan adalah minimnya motivasi belajar siswa. Tentunya banyak yang menjadi penyebabnya motivasi tersebut baik itu secara internal maupun eksternal. Terlepas dari metode belajar yang cukup kreatif dan menarik telah coba diterapkan tetapi sering permasalahan ini masih tetap muncul. Siswa kurang motivasi untuk mendengarkan pelajaran, membaca buku teks mereka, berpartisipasi dalam diskusi terlebih lagi untuk mengerjakan tugas-tugas mereka. Sekali lagi, tentu banyak faktor penyebabnya dan banyak juga dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini. Sebagai seorang guru Kristen perlu mempertimbangkan bahwa dengan membangun kekaguman dalam pembelajaran juga akan dapat menciptakan motivasi tersendiri bagi siswa.

Dari ayat di atas, kita dapat melihat bahwa Allah itu selayaknya dikagumi oleh seluruh ciptaan-Nya "stand in awe of him" maka sebagai seorang guru Kristen, kita seharusnya mendorong para siswa untuk akhirnya "terkagum-kagum" kepada Tuhan melalui setiap materi yang mereka pelajari. Kita perlu memohon pertolongan Tuhan agar kita dapat "membangkitkan" kekaguman tersebut melalui setiap hal yang dibahas di dalam kelas.

Daripada sekedar menjelaskan beginilah sejarah perjuangan kemerdeakaan Indonesia, bawalah para siswa untuk melihat bagaimana campur tangan Tuhan untuk perjuangan kemerdekaan tersebut dan bagaimana Tuhan memberkati Indonesia. Sehingga para siswa akan menemukan ketertarikan dalam mempelajari sejarah karena sejarah itu bukanlah informasi masa lalu yang harus diketahui tetapi dapat melihat pekerjaan Tuhan dalam sejarah Indonesia maupun dunia.

Daripada sekedar menjelaskan bagian-bagian tubuh manusia atau hewan, bawalah para siswa untuk melihat dan memikirkan betapa luar biasanya bagian-bagian tubuh manusia, hewan, tumbuhan dan lain sebagainya bekerja secara sistematis sempurna dan bahwa Allah yang mengerjakan semuanya itu. Para siswa akan melihat betapa berdaulatnya Tuhan atas segala ciptaan-Nya.

Kekaguman akan Tuhan melalui setiap materi pembelajaran yang demikian ini akan membuat para siswa semakin tertarik untuk mengenali Allah dan bukan hanya sekedar materi yang lepas dan tak terhubung dengan Allah. Tentu ini tetap membutuhkan doa dan hikmat Tuhan bagaimana kita para guru Kristen dapat menerapkannya di dalam kelas kita.

Sebelum dapat membangun kekaguman yang menciptakan motivasi belajar siswa, tentunya kita sebagai guru Kristen haruslah terlebih dahulu mengagumi Allah melalui setiap hal kehidupan kita dan kemudian melalui setiap materi yang kita siapkan untuk diajarkan. Bila kita juga telah memiliki kekaguman itu melalui setiap materi yang kita akan bagikan, tentu ini akan sangat "powerful" sekali ketika kita "menularkan" kekaguman itu kepada para siswa kita.

Selamat membangun kekaguman yang menciptakan motivasi belajar siswa,