Pages

04 September 2018

Aktif Bekerja dan Berkarya

Renungan Harian - Kejadian 2:15 TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.

Sejak awal penciptaan. Tuhan telah memberikan tugas kepada Adam dan Hawa, Tuhan tidak menjadikan mereka makhluk yang pasif, artinya tidak melakukan apa-apa. Tuhan menciptakan dunia yang indah dan menyediakan segala yang dibutuhkan manusia untuk dihidupi dan juga memberikan tugas-tugas untuk dilaksanakan. Tuhan memberikan semua karunia dan talenta untuk digunakan dalam berbagai kesempatan yang juga diberikan oleh Tuhan.

Secara jelas tugas yang diberikan Tuhan kepada Adama adalah memelihara taman itu, memelihara ciptaan Tuhan itu. Tama Eden dimana manusia itu ditempatkan menjadi tempat dan kesempatan bagi Adam dan Hawa untuk menggunakan talenta dan karunia yang Tuhan telah berikan.

Tuhan memberikan tugas yang jelas kepada Adam dan Hawa dan juga kesempatan untuk melaksanakanya, hal yang sama juga bagi kita sekarang ini, Tuhan telah menyiapkan tugas untuk kita kerjakan beserta dengan talenta dan karunia untuk melaksanakannya. Adam harus menjadi makhluk ciptaan yang aktif demikian juga kita harus aktif dalam hidup ini dan bukan berdiam diri saja. Tuhan menempatkan Adam dan Hawa di Taman Eden untuk bekerja, Tuhan juga menempatkan kita pada posisi-posisi tertentu sesuai dengan talenta dan karunia yang Tuhan berikan. Mungkin ada yang berbisnis, ada yang menjadi tentara, ada yang di rumah sakit, ada juga yang diperbankan dan lain sebagainya.

Jadi ingatlah bahwa Tuhan tidak memberikan kita segala telanta dan karunia dalam berbagai kesempatan dan kita hanya menjadi penonton saja, pasif dan tidak melakukan apa-apa. Tuhan mau setiap kita untuk bekerja dan berkarya sesuai dengan sesuai dengan talenta dan karunia yang Tuhan berikan, dan ini adalah kehendaknya bagi kita semua.