Pages

09 September 2018

Yang Lebih Berharga Dari Emas

Artikel Khusus - 9 September 2018.
Yang Lebih Berharga Dari Emas

Emas merupakan suatu harta yang mahal dan berharga. Bila saja kita memiliki sebuah koin EMAS diberikan kepada kita dimana orang tua kita telah bekerja keras untuk dapat membelinya. Sadarkaha kita bahwa yang lebih berharga dari koin emas tersebut adalah kasih sayang orang tua kita yang mereka presentasikan melalui koin emas itu?

Bila sebuah cincin EMAS dengan ukiran nama kita dibelikan orang tua kita menabung beberapa tahun, sadarhkah kita bahwa yang lebih berharga dari cincin emas tersebut adalah pengajaran dari orang tua kita untuk menabung?

Bila sepasang anting-anting EMAS yang dibelikan oleh kekasih kita pada saat ulangtahun. Sadarkah kita bahwa yang lebih berharga dari anting-anting EMAS tersebut adalah perhatian yang diberikan kekasih kita pada kita di hari istimewa?

Dan bila kita mendapatkan cincin EMAS pernikahan yang d i d a l a m n y a diukirkan nama kita berdua, sadarkah kita bahwa yang lebih berharga dari cincin EMAS tersebut adalah ikatan pernikahan suci yang Tuhan karuniakan dalam hidup kita?

EMAS berharga, namun relasi dan makna dari kejadian istimewa yang direpresentasikan oleh EMAS tersebut adalah jauh lebih berharga.

Alkitab juga membicarakan dan membandingkan beberapa hal yang jauh lebih berharga dari EMAS.

Apakah hal-hal yang lebih berharga dari emas?

FIRMAN TUHAN

“Taurat yang Kausampaikan adalah baik bagiku, lebih dari pada ribuan keping EMAS dan perak.” (Maz 119:72) “Takut akan TUHAN itu suci, tetap ada untuk selamanya; hukum-hukum TUHAN itu benar, adil semuanya, lebih indah dari pada EMAS, bahkan dari pada banyak EMAS tua; dan lebih manis dari pada madu, bahkan dari pada madu tetesan dari sarang lebah.” (Maz 19:10)

HIKMAT

“Bukankah hikmat berseru-seru, dan kepandaian memperdengarkan suaranya? Terimalah didikanku, lebih dari pada perak, dan pengetahuan lebih dari pada emas pilihan. (Ams 8:1, 10) Tetapi di mana hikmat dapat diperoleh, di mana tempat akal budi? Ia tidak dapat dinilai dengan emas Ofir, ataupun dengan permata krisopras yang mahal atau dengan permata lazurit;tidak dapat diimbangi oleh emas, atau kaca, ataupun ditukar dengan permata dari emas tua. (Ayub 28:15-17) Berbahagialah orang yang mendapat hikmat, orang yang memperoleh kepandaian, karena keuntungannya melebihi keuntungan perak, dan hasilnya melebihi emas. Ia lebih berharga dari pada permata; apapun yang kauinginkan, tidak dapat menyamainya. Umur panjang ada di tangan kanannya, di tangan kirinya kekayaan dan kehormatan. (Amsal 3:13-16)

DARAH KRISTUS

Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat. (1 Pet 1:18-19) Kuasa darah Kristus yang menyelamatkan, mendamaikan, dan menyucikan itu senantiasa tersedia bagi mereka yang menghampiri Allah melalui Kristus (Ibr 7:25; 10:22; 1Yoh 1:7).

IMAN

“Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu--yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api--sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.” (1 Pet 1:7) “Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.” (Rom 10:17). Firman lebih berharga dari emas (Maz 119:72, 19:10), demikian juga iman kita lebih berharga dari emas.

NAMA BAIK

Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar, dikasihi orang lebih baik dari pada perak dan emas. (Amsal 22:1)

HARTA SURGAWI

"Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. 6:20 Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada. (Mat 6:19-21)

NYAWA

Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia (termasuk emas) tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya? (Mat 16:26)

Kiranya kita lebih memilih untuk mengenal Kristus sebagai Pencipta, Penopang, dan Penebus, dan mengarahkan hati dan pandangan kita pada hal-hal yang lebih berharga dari emas, yang hanya bisa didapatkan di dalam Kristus.