10 June 2019

Tanggungjawab Atas Kuasa Allah

Mungkin, salah satu quotes film yang paling banyak disukai orang sampai saat ini adalah perkataan yang diucapkan oleh Paman Ben kepada Peter Parker si Spiderman. Masih ingat? Katanya, “With great power, comes great responsibility”. Kekuatan yang besar (atau kuasa) datang dengan tanggung jawab yang besar pula. Benar saja, setelah memiliki identitas yang baru sebagai manusia laba-laba, Peter Parker sekarang memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Sebelum berubah menjadi Spiderman, Peter Parker tidak usah repot-repot menolong orang lain. Bahkan, jangankan menolong orang lain, menolong dirinya sendiri pun ia tidak mampu. Tetapi, begitu Peter sudah memiliki kekuatan super, dia harus bertanggung jawab untuk menjaga keamanan kotanya dari serangan para penjahat.

Bagaikan Peter Parker yang berubah menjadi Spiderman, saat kita menerima Tuhan Yesus dan berkeputusan untuk hidup di dalam Dia, kita juga diberikan identitas yang baru sebagai anak-anak terang. Diri kita yang lama sudah diubahkan menjadi ciptaan baru. Selain diubahkan, kita juga diperlengkapi dan diberi kuasa oleh roh kudus. Tetapi kuasa ini tidak seharusnya dipakai untuk kepentingkan diri kita sendiri. Kisah Para Rasul menjelaskan bahwa tujuan pemberian kuasa itu adalah agar kita menjadi saksi Kristus di manapun kita berada.

Ketika kita minta agar Tuhan memperlengkapi kita dengan kuasa-Nya, apakah tujuan kita? Apa yang seharusnya kita lakukan dengan kuasa yang kita dapatkan itu?

Apakah yang akan kita lakukan hari ini agar orang lain bisa mendengar pengalaman kita dengan kuasa roh kudus dan dikuatkan?